Minggu, 28 November 2010

Menjelajah Bumi dgn Google Earth

Google Earth adalah aplikasi yang memberikan kesempatan pada penggunanya untuk mengakses database pencitraan bumi yang didapat dari satelit. Kalau mau jujur, Google sebenarnya tidak membuat sendiri Google Earth namun hanya membeli kerangka dasarnya dengan mengakuisisi Keyhole, sebuah perusahaan digital and satellite image mapping yang mempunyai produk dengan nama yang sama. Tapi kemudian Google dengan brilian mengembangkan Keyhole sehingga bertransformasi menjadi Google Earth saat ini.

Google Earth tersedia dengan 3 jenis pilihan, yaitu versi gratis (free), versi Plus dan versi Pro. Versi Plus dan Pro menyediakan fasilitas pencetakan gambar dengan definisi yang lebih tinggi, interaksi dengan alat penerima GPS (Global Positioning System), serta beberapa kelebihan lainnya dibandingkan dengan versi gratisnya.


Dengan Google Earth, Anda dapat terbang ke mana saja di Bumi untuk melihat citra satelit, peta, medan, bangunan 3D, dari galaksi di angkasa luar sampai ke palung lautan. Anda dapat menjelajahi konten geografis lengkap, menyimpan tempat yang dikunjungi dan berbagi-pakai dengan orang lain.

Fitur Google Earth :

  • Pencitraan sejarah dari seluruh dunia
  • Data dasar dan permukaan lautan dari pakar kelautan
  • Semakin mudah berwisata dengan perekaman audio dan suara

Berbeda dengan online map lain yang ada di internet, Google Earth menyajikan tampilan berupa Globe (bola bumi) bumi secara alami persis seperti apa yang dilihat astronaut dari luar atmosfir bumi. Navigasi dapat dilakukan dengan memilih tombol-tombol navigasi, menggerakkan mouse komputer pada layar, atau dengan gerakan mouse wheel.

Dengan versi gratis pun, menjelajah dunia dengan Google Earth sangat mengasyikkan dan informatif. Google Earth menyediakan beberapa tempat populer di dunia yang dapat dilihat dengan hanya menekan tombol mouse saja. Dengan sekali double click kita bisa langsung melihat foto udara stadion olimpiade Sydney di Australia dengan detail. Kantor pusat perusahaan Google di California, menjadi contoh kecanggihan detail Google Earth dengan mempertontonkan deretan tenda dan kursi tempat makan siang dan duduk-duduk pegawai Google di halaman belakang kantor.

Beberapa lokasi bahkan tersedia gambarnya secara 3 dimensi. Obyek yang ada di lokasi itu dapat kita putar-putar sesuai dengan arah pandang yang kita inginkan. Menara Eiffel di Paris dan Nelson’s Collumn di Travalgar Square London misalnya dapat kita nikmati panoramanya dengan menarik secara 3 dimensi.

Gunung merapi di Jawa Tengah



Kota Semarang





Hijaunya hutan dan perkebunan, coklatnya ladang gundul, dan kelabunya kota-kota besar di Indonesia dapat kita lihat dengan jelas. Imaji yang terlihat dari udara ini dapat diaplikasikan untuk berbagai macam tujuan. Diantaranya untuk tata kota, tata guna lahan, observasi hutan, arkeologi, geologi, sampai pertahanan negara.

Bisa dibayangkan bahwa jika layanan Google Earth yang gratisan ini saja dapat menghasilkan gambar-gambar begitu detail dan menawan, bagaimana image yang dihasilkan oleh satelit mata-mata Amerika atau Israel? Mungkin pemandangan lahan jemuran belakang rumah kita bisa terekam gambarnya di layar monitor komputer mereka.

Namun demikian, kita bisa pikirkan itu nanti. Marilah sekarang kita tamasya dulu bersama Google Earth!

Silahkan download dibawah






















Junlajubalam - Google Earth Pro 4.2.0205.5370activator

1 komentar:

  1. Google earth sangat membantu
    Terutama dalam bidang tata ruang
    Biasa selalu digunakan sebagai peta dasar yang kemudian di digitasi menjadi peta garis
    Peta garis biasanya digunakan untuk survei yang berhubungan dengan tata ruang
    Misalnya survei penggunaan lahan perkotaan
    Kapling-kapling perumahannya sudah ada, kita tinggal mencari tau jenis penggunaan bangunannya saja
    Misalnya perumahan, perdagangan, perkantoran, industri dan lain sebagainya

    Pokoknya Google Earth sangat membantu saya selama ini :)

    BalasHapus

Entri Populer

Silahkan Memasukkan TAHUN, BULAN dan TGL LAHIR Anda untuk mengetahui Zodiak Dan Shio Anda

Tahun
Bulan
Tanggal
Zodiak:
Shio:

This script by
WEB AGUNG