Rabu, 22 Desember 2010

Sebutir Jeruk lebih baik daripada Vitamin C

Jeruk tidak mengandung sodium, lemak, dan kolesterol. Kandungan kalorinya pun rendah, sehingga tidak akan membangkitkan kekhawatiran bagi mereka yang berupaya menurunkan bobot badan. Sebutir jeruk segar berukuran sedang cuma mengandung 60 - 80 Kkal.

Para ilmuwan menemukan alasan mengapa sebutir jeruk memberi manfaat yang lebih besar bagi Anda ketimbang mengonsumsi vitamin C atau pil lainnya. Peneliti di Brigham Young University, Utah, Amerika Serikat dalam laporan riset yang dipublikasikan Journal of Food Science menyatakan, jeruk mengandung campuran antioksidan yang unik.

Kombinasi ini memberikan manfaat yang jauh lebih efektif dibandingkan bila zat-zat dalam jeruk dikonsumsi secara terpisah. Antioksidan dikenal sebagai zat yang berguna untuk memperlambat penuaan sel-sel tubuh, melindungi dari kanker, serta membantu mencegah penyakit jantung.

Ada sesuatu di balik manfaat jeruk yang lebih baik ketimbang menelan kapsul vitamin C, dan itulah yang kami coba untuk ketahui. Kami berpikir bahwa campuran tertentu dari antioksidan di dalam jeruk memberi manfaat yang baik untuk Anda ," ungkap Tory Parker, seorang asisten profesor nutritsi, ilmu diet dan makanan di Young University.

Parker beserta timnya melakukan kajian apakah kandungan beragam fenol - zat kimia alami yang dikenal bersifat antioksidan dan antimikroba - bekerja secara "sinergi". Komponen ini digunakan oleh tanaman untuk melindungi diri mereka dari pembusukan dan serangan yang besifat biologis.

Karbohidrat dalam jeruk merupakan karbohidrat sederhana, yaitu fruktosa, glukosa, dan sukrosa. Karbohidrat kompleksnya berupa polisakarida non-pati (secara umum dikenal sebagai serat makanan) yang baik untuk kesehatan. Serat makanan ini di dalam tubuh akan mengikat zat gizi larut dalam air pada suatu gel-matriks, sehingga dapat memperlambat proses pengosongan lambung serta proses pencernaan dan penyerapan.

Keadaan itu akan memperpanjang rasa kenyang, dan menurunkan laju penyerapan glukosa sehingga dapat membantu mencegah lonjakan kadar gula darah. Serat makanan juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam plasma dengan cara mengganggu proses reabsorpsi asam empedu. Dengan mengkonsumsi sebuah jeruk ukuran sedang dalam satu hari, serat makanannya kira-kira 3,0 g, dapat memberikan kontribusi cukup berarti bagi pemenuhan kebutuhan zat itu bagi tubuh yang disarankan sekitar 25 g per hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Silahkan Memasukkan TAHUN, BULAN dan TGL LAHIR Anda untuk mengetahui Zodiak Dan Shio Anda

Tahun
Bulan
Tanggal
Zodiak:
Shio:

This script by
WEB AGUNG