Sabtu, 15 Januari 2011

7 Rahasia Mempercepat loading Blog ataupun Web

Apakah anda pernah mengalami membuka blog ataupun website loadingnya lama bahkan sampai ketiduran (seperti gambar di samping) gara-gara nunggu loadingnya lelet. Jangan sampai blog anda berat, Suatu hari saya berkunjung kesebuah blog yang loadingnya sangat berat sampai membuat saya sedikit kesal dan saya rasa tentunya pengalaman ini bukan saya saja yang merasakan.

Hindarilah blog yang berat karena hal ini akan membuat pengunjung menjadi males untuk membuka blog anda dan dengan demikian blog anda akan ditinggalkan. Oleh karena itu saya akan berbagi tips, apa saja yang harus di perhatikan dalam menyusun atau membuat sebuah blog agar loadinya ringan.



Berikut ini yang bisa membuat blog anda menjadi berat :



1.Gambar diBlog Anda.

Sebaiknya blog anda tidak mengandung banyak gambar yang besar (memiliki ukuran yang gede) karena ini akan memberatkan loading blog anda. Jika anda ingin memasang gambar diblog anda,sebaiknya ukurannya yang sedang (antara 20-30kb) sebaiknya sih di bawah 20 kb sehingga tidak membuat blog anda lambat.


2. Widget.

Sebelum anda memasang sebuah widget baru, ada baiknya anda menghitung dengan stopwatch (dari HP aja) berapa lama blog anda loading sampai selesai. Setelah memasang, hitung lagi apakah blog anda makin lambat atau masih normal. Jika waktu bukanya lebih lama 5-8 detik dapat dikatakan normal, namun sebaiknya buang widget yang kurang perlu. gunakan yang penting-penting saja. yang kiranya di butuhkan oleh pengunjung anda. Atau gunkanlah mode Home dan Page, dimana widget bisa di seting hanya akan terbuka di halaman tertentu saja.


3. Iklan.

Pemasangan iklan yang terlalu banyak juga sangat mempengaruhi loading blog anda. Apalagi iklannya adalah iklan yang berbentuk flash dan banner. jadi gunakanlah seperlunya ya!


4. Kode HTML dan Javascript.

Pemasangan efek javascript seperti efek salju dan sebagainya juga bisa membuat suatu blog menjadi agak lambat. Mungkin masih ada lagi faktor yang bisa mempengaruhi loading blog.


5. Panjang Artikel.

Semakin panjang artikel yang anda buat (biasanya lebih dari 10 paragraf maka akan berujung makin lama pula loading blog anda. apalagi bila artikel tersebut di isi oleh gambar-gambar. hindarilah pengunaan gambar yang beresolusi tinggi


6. Hindari Menggunakan widget besar di kolom kiri.


Hindari mengisi kolom sebelah kiri dengan widget-widget yang berat. sebab itu akan membuat loading blog anda semakin lama. pasanglah widget yang kiranya berat di sebalah kolom kanan.


7. Jumlah komentar.

Semakin banyak jumlah komentar (biasanya 50a+) makahal itu akan berpengaruh terhadap loading blog tetapi hanya khusus artikel itu saja.

Nah sobat, semoga 7 Rahasia Mempercepat loading Blog ataupun Web ini bisa bermanfaat.


Selamat mencoba

1 komentar:

Entri Populer

Silahkan Memasukkan TAHUN, BULAN dan TGL LAHIR Anda untuk mengetahui Zodiak Dan Shio Anda

Tahun
Bulan
Tanggal
Zodiak:
Shio:

This script by
WEB AGUNG