Rabu, 12 Januari 2011

Cara Menghindari Penipuan (Scam) di Internet



Kita tau Penipuan alias scam di Internet semakin merajalela. Banyak pengguna Internet yang menjadi korban penipuan online di internet.

Kali ini saya akan memberi tips bagi Anda agar tidak mudah tertipu, tapi juga jangan sampai melewatkan peluang yang menguntungkan.





  1. Bertindaklah di dunia maya (online) seperti di “dunia nyata” (offline).Di dunia nyata, apabila Anda berjalan di gang sepi dan gelap lalu tiba-tiba ada orang yang menawarkan jam Rolex seharga Rp 100 ribu saja, tentu Anda akan merasa curiga, bukan?

    Begitu juga di Internet. Gunakan insting dan akal sehat Anda untuk menilai kebenaran sebuah informasi. Rule of thumb-nya: Kalau penawaran itu saking luar biasa tidak dapat dipercaya, sepertinya memang benar-benar tidak patut dipercaya.

  2. Ketahui cara kerja peluang usaha tersebut.Setiap penawaran kerja sama, skema program bisnis, peluang usaha, pasti mempunyai cara kerja.

    Tegaskan kepada diri Anda sendiri bahwa Anda berhak mendapatkan informasi yang Anda butuhkan sebelum menekuni pekerjaan apapun.

    Intinya: Bersikap sedikit kritis. Jangan beli kucing dalam karung.

  3. Hitung secara bisnis! Bila Anda cukup beruntung untuk bisa mendapatkan cara kerja / sistem dari program tersebut, lakukan simulasi menghitung atau “reality check”.

    Misalnya, Anda dijanjikan penghasilan 40 juta per bulan, darimana datangnya uang tersebut? Dari menjual space iklan (misalnya Google AdSense)? Dari menjual produk? Dari rekruitasi member? Dari reselling?Apakah bakal ada orang yang tertipu sama seperti Anda dalam proses menjalankan program tersebut? (Kalau iya, berarti Anda ingin cari teman biar sama2 ketipu, dong!) Jangan hanya fokus pada penghasilan… Berapa modal yang harus Anda keluarkan? Baik pengeluaran awal, biaya iklan, dan waktu Anda yang terpakai.

    Seberapa realistis hitungan tersebut?

  4. Bayangkan jika Anda menjadi pihak yang memberikan peluang usaha: Masuk akal nggak, sih? Coba berpura-pura menjadi pihak yang membuat program bisnis tersebut, kira-kira untung nggak? Setiap peluang usaha harus bersifat “win-win solution” bagi semua pihak.

    Contoh kasus:

    Akhir 2009 kemarin PayPal mengadakan promosi yang memberikan $1 per teman yang Anda ajak join ke PayPal.
    Masuk akal tidak?

    Motivasi dari PayPal jelas, yaitu mendapatkan banyak pelanggan baru dan mempromosikan produk-produk unggulan yang bisa dibeli menggunakan PayPal.

    PayPal mempunyai dua pilihan:

    1. Memasang iklan & reklame di surat kabar, blogs, TV, baliho, dan sebagainya yang dapat menghabiskan hingga ratusan ribu dollar.

    2. Mengalihkan biaya Advertising & Marketing langsung kepada pelanggan tercinta, dan diharapkan mereka akan menjadi pembeli yang loyal… otomatis menutupi biaya awal (dan biaya tersebut tentunya sudah dianggarkan oleh PayPal).

    Kira-kira mana yang lebih menguntungkan? Dari simulasi tersebut, kita dapat mengambil kesimpulan program tersebut masuk akal.

    Bagi yang menyebut program tersebut scam, selain merugikan dirinya sendiri (karena tidak dapat profit) juga merugikan orang lain, karena menebar fitnah terhadap PayPal dan menghambat orang lain untuk meraih profit.

  5. Pastikan informasi dari sumber yang terpercaya.Siapa sumber yang terpercaya itu? Tentu saja yang sesuai dengan reputasi orang tersebut.

    Apabila Anda mendapat informasi dari seseorang yang miskin, bisa dipastikan apapun nasehatnya untuk menjadi kaya, tidak akan menjadikan Anda lebih kaya.

    Apabila Anda mendapat informasi dari seorang milyuner, apa pun yang dikatakannya bisa menjadikan Anda lebih kaya. Bahkan sekedar meniru kata-kata, gaya, dan perilakunya bisa membuat Anda lebih kaya. (tentunya bukan perilaku membeli barang-barang mewah, ya!)Anda tidak perlu membatasi pertemanan. Silakan berteman dengan siapa saja. Tapi saat Anda mendapat informasi, perhatikan kredibilitas orang tersebut.

Semoga tips ini bermanfaat dan berguna untuk menghindarkan Anda dari penipuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Silahkan Memasukkan TAHUN, BULAN dan TGL LAHIR Anda untuk mengetahui Zodiak Dan Shio Anda

Tahun
Bulan
Tanggal
Zodiak:
Shio:

This script by
WEB AGUNG