Sabtu, 19 Februari 2011

Panduan Cara Ping Blog/Web ke Google

Apa itu ping ? Arti kata ping singkatnya adalah bersiul. seperti anda tahu bersiul bisa berarti memanggil. Lalu apa itu ping google ? Arti ping google adalah memanggil robot search engine google ( mesin pencari ) google untuk menjelajahi halaman situs web blog yang di ping kan ke google. Sebenarnya kalau situs web ataupun blog kita sudah terdaftar dan ada sitemap ( peta situs ) di google melalui alat webmaster tools google maka sebenarnya gak usah melakukan ping juga robot google akan mengindeks setiap halaman baru dari website blog ataupun situs kita.

Cuman ada kekurangannya jika kita hanya mengharapkan robot datang sendiri untuk mengindeks halaman baru dari blog kita maka biasanya tuh robot google akan datang sendiri tanpa batas waktu yang pasti artinya gak tentu kapan datangnya bisa cepat dan bisa juga lama kalau cepat gak masalah tapi kalau lama ini yang jadi masalah yang tentunya akan mengakibatkan halaman baru dari blog kita lama terindeks google. Efeknya apa jika lama terindeks google ? Ya jelas karena tidak diindeks maka peluang untuk mendatangkan pengunjung dari search engine google akan tidak ada selama halaman baru dari blog kita belum diindeks google atau belum masuk database google.

Untuk itulah perlu adanya pemberitahuan kepada robot google dengan istilah bekenya untuk para webmaster adalah ping ke google agar website situs maupun blog kita dapat segera secepatnya di jelajahi robot google dan cepat masuk database hasil pencarian google. Cara ping google sendiri ada 2 jenis yaitu :
1) Ping Google secara Otomatis.
2) Ping Google secara Manual.

Untuk cara otomatis bisa anda cari sendiri di google banyak sekali layanan dari sebuah website yang menyediakan fasilitas layanan ping ke google. Seperti contoh layanan ping terkenal milik pingomatic dan mypagerank. Kalau bagi tutorial digital seh gak pernah menggunakan layanan ping otomatis karena yang namanya otomatis dan dari pihak ketiga dalam artian bukan pihak google yang menyediakan tentunya akan kurang baik hasilnya. Kenapa kurang baik ? Dugaan tutorial digital simple saja kok bisa saja kan tuh layanan ping tidak berfungsi dengan baik dan tidak dapat ngeping ke google. Untuk itu tutorial digital sarankan untuk melakukan ping secara manual sebab dah hukum alamnya yang manual pasti lebih baik dari yang otomatis. Lagian ping secara manual merupakan ping melalui layanan dari pihak google sendiri tentunya pihak google akan mendahulukan setiap website situs maupun blog yang mengeping dari tempatnya si mbah google ketimbang dari tempat lain.

Lantas bagaimana cara ping manual ke google ? Berikut tutorial singkatnya tentang cari ping manual ke google yaitu sebagai berikut:

1) Silahkan anda menuju ke layanan ping dari google di halaman http://blogsearch.google.com/ping
2) Masukkan halaman url yang akan diping ke google.
3) Selesai dan tunggu beberapa saat saja paling - paling gak lama kok sang robot google akan segera berkunjung ke blog anda untuk merayapi halaman url yang tadi anda pingkan.
4) Selamat halaman baru dari blog anda sudah tercantum di indeks google dan sudah masuk database google.

Semoga bermanfaat.

6 komentar:

  1. terimakasin infonya pak
    http://www.investasibca.com/?id=bca77

    BalasHapus
  2. nice info om,
    aku baru tau ada http://blogsearch.google.com/ping .
    biasa nya ping melalui totalping.com ja.
    makasi ya om infonya.

    http://share-pengalaman.blogspot.com

    BalasHapus
  3. sangat bermanfaat
    http://4ndishare.blogspot.com/2012/03/cara-ping-ke-google.html

    BalasHapus
  4. makasih infonya gan .. bermanfaat neh untuk newbitol kaya ane
    http://www.pencarilowongan.com

    BalasHapus
  5. nice info

    belanja online gadget dan aksesoris komputer
    http://ceznickomputer.blogspot.com/

    BalasHapus

Entri Populer

Silahkan Memasukkan TAHUN, BULAN dan TGL LAHIR Anda untuk mengetahui Zodiak Dan Shio Anda

Tahun
Bulan
Tanggal
Zodiak:
Shio:

This script by
WEB AGUNG