Minggu, 06 Februari 2011

Tau Kacang hijau..?, Si hijau Mungil Yang Menyehatkan

Tanaman kacang hijau termasuk dalam keluarga Fabaceae (polong-polongan). Tanaman yang memiliki nama ilmiah Phaseolus aureus ini merupakan tanaman perdu yang dapat ditanam hampir di semua tempat. Nilai ekonomis tanaman ini terletak pada bijinya. Dipasaran terdapat dua jenis kacang hijau yaitu PB dan grono. Perbedaan keduanya terletak pada warna kulit. Jenis PB warna kulitnya lebih cerah daripada grono. Tetapi harga jenis grono lebih mahal dan bagus sebagai bahan tauge.

Olahan Kacang hijau.

Olahan dari kacang hijau menghasilkan berbagai bahan makanan yang lezat. Tentu kita tidak asing dengan makanan yang berbahan dasar kacang hijau. Sebut saja bubur kacang hijau. Tersaji hangat dengan dibubuhi santan sangat lezat. Untuk membuat bubur kacang hijau agar cepat empuk, sebaiknya rendam dahulu selama ± 3 jam sampai mekar. Setelah itu cuci bersih lalu rebus dalam air mendidih. Kacang hijau kupas banyak dimanfaatkan untuk isi kue seperti bakpao, bakpia, dan onde-onde. Prosesnya kacang hijau direndam sampai lunak, cuci lalu kukus hingga empuk, kemudian haluskan saat kacang hijau masih panas.

Kacang hijau dapat pula disemai menjadi kecambah yang biasa disebut tauge. Tepung yang terbuat dari biji kacang hijau digunakan sebagai bahan pembuatan kue berbentuk gel. Dipasaran tepung ini disebut hungkwe. Aneka ragam makanan tersaji dari biji kacang hijau.

Kandungan Gizi

Kacang hijau tidak hanya menghasilkan sajian aneka makanan lezat tetapi dari butiran hijau mungil ini tersimpan kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

  1. Nutrisi Penting
    • Kandungan protein kacang hijau cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting antara lain kalsium dan fosfor.
    • Mengandung lemak tak jenuh yang aman untuk yang kelebihan berat badan.
  2. Protein Tinggi
    • Kadar protein dalam kacang hijau 24 %. Secara tradisi, ibu hamil dianjurkan mengonsumsi kacang hijau agar bayinya memiliki rambut yang lebat.
  3. Kalsium dan Fosfor
    • Memperkuat tulang. Manfaat kalsium dan fosfor dapat memperkuat tulang.
  4. Lemak Rendah
    • Kacang hijau tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Asupan lemak tak jenuh tinggi penting untuk menjaga kesehatan jantung.
  5. Vitamin B1 (tiamin)
    • Pertumbuhan. Awal kegunaan vitamin B1 untuk mencegah beri-beri, ternyata bermanfaat juga untuk proses pertumbuhan.
    • Meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki saluran pencernaan.
    • Vitamin B1 adalah bagian dari koezim yang penting dalam proses oksidasi karbohidrat untuk diubah menjadi energi. Tanpa vitamin B1 tubuh mengalami kesulitan dalam memecah karbohidrat.
  6. Vitamin B (riboflavin)
    • Membantu penyerapan protein di dalam tubuh.
  7. Vitamin E
    • Membntu meningkatkan kesuburan.
    • Memperlambat proses penuaan.

Berbagi jenis makanan tersaji dari kacang hijau dan kandungan gizinyapun sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Cara yang paling sederhana untuk mengonsumsi kacang hijau adalah cuci bersih kacang hijau, tuang dalam gelas ukuran sedang kemudian tuang air mendidih kedalamnya, tutup. Tanpa tambahan bahan lainnya. Setelah dingin, aduk dengan sendok dan minum airnya. Minum pagi atau sore dan rasakan manfaatnya.

Dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Silahkan Memasukkan TAHUN, BULAN dan TGL LAHIR Anda untuk mengetahui Zodiak Dan Shio Anda

Tahun
Bulan
Tanggal
Zodiak:
Shio:

This script by
WEB AGUNG