Kamis, 17 Februari 2011

Tip Cara Memelihara Kelinci


Anda suka kelinci atau anda pencinta hewan kelinci, ya memang kelinci hewan yang imut untuk di pelihara apalagi kalau sedang melihat hewan tersebut lagi makan kelihatan sangat lucu.

Sekedar berbagi pengalaman aja tentang memelihara kelinci buat pemula. Supaya jangan sampai kejadian lagi setelah beli satu dua hari langsung mati, kasihan nggak tega melihatnya.


Agar kelinci Anda bisa sampai besar. Nah, berikut ini tipsnya:

1. Anak kelinci jangan dikasih minum. Karena dia perutnya belum kuat. Kalo dikasi minum pasti mati deh besoknya, karena setelah umur 3-4 bulan baru dia bisa minum air.

2. Jangan kasih wortel atau sayuran yang terlalu banyak mengandung air. Alasannya sama seperti nomer satu.

3. Beri tempat kandang yang nyaman, Yah jangan sampe kedinginan lah, apalagi kehujanan. Soalnya itu kelinci yang dijual di pinggir-pinggir jalan, biasanya umurnya masih kecil banget. Harusnya masih diasuh sama induknya. Jadi butuh kandang yang hangat.

4. Kasih aja kangkung segar. Atau kulit jagung muda. Tapi yang paling gampang kangkung aja. Secukupnya, jangan kebanyakan.

5. Berdasarkan pengalaman beli makanan kelinci di petshop berupa pelet, harganya mahal banget, bisa 50rb sekilo. Akhirnya kasih pelet ikan koi, yang warnanya merah jambu. Harganya cuman Rp 10.000 aja. Udah gitu, dia lebih seneng pelet ikan koi ini daripada pelet kelinci yg di petshop. Belinya sih di tukang ikan hias.

6. Kalo masih ada halaman. Kasih kesempatan kelincinya jalan-jalan. Jadi pagi2 banget kasih makan kangkung dulu. Setelah dia kenyang, baru diumbar keluar. Biarkan kelinci makan rumput2 liar di halaman. Dengan begini kelinci menjadi gesit dan cepet sehat. Sebab kelinci yang dijual di pinggir jalan kadang udah sakit karena kelamaan dipajang. Setelah sore baru dikandangin.

7. Jangan kebanyakan dipegang2 atau digendong2. Itu kan kelinci hidup, bukan boneka. Kalo mau digendong2 mending beli boneka aja. Atau gendong anak tetangga aja...hehe.

8. Kandangnya sebaiknya yg bawahnya kawat. Biar kotoran dan pipisnya langsung jatuh. Nggak membasahi kandang. sehingga kandangnya tetep kering, nggak lembab.

9. Kalau beli anak kelinci sebaiknya yg kira2 ukurannya seumuran. kalo ada yg terlalu bongsor, nanti temennya keinjek-injek bisa mati.

10. Kalau beli yah jangan banyak2. Satu atau dua aja dulu. Nanti kalo udah bisa memeliharanya, baru mau nambah juga boleh.

11. Hati-hati sama tikus wirok, alias tikus bandung yang kalo di kota gedenya bisa segede kucing kampung. Plus ati2 sama kucing. Dua-duanyanya bisa melahap anak kelinci dengan gembira.

12. Yang hobi tanaman hias, siap-siap tanamannya pada bondol semua.... hehe.

Sekian tipsnya. Selamat memelihara kelinci..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Silahkan Memasukkan TAHUN, BULAN dan TGL LAHIR Anda untuk mengetahui Zodiak Dan Shio Anda

Tahun
Bulan
Tanggal
Zodiak:
Shio:

This script by
WEB AGUNG