Kamis, 10 Maret 2011

Hewan Ubur-Ubur, Walaupun Indah Tapi Mematikan

Kalau di lihat dari bentuk dan warnanya ubur-ubur memang indah, tapi ubur-ubur termasuk hewan laut yang sangat mematikan. Sengatan ubur-ubur bisa menimbulkan rasa gatal pada kulit manusia hingga menyebabkan kematian.

Salah satu jenis ubur-ubur yang sengatannya sangat mematikan yaitu Chironex fleckeri. Tubuhnya yang berbentuk seperti lonceng, terdiri dari puluhan atau ratusan tentakel yang mengandung racun mematikan.

Jika salah satu tentakel milik Chironex fleckeri menyengat tubuh manusia, maka racunnya bisa membuat seseorang meninggal dunia hanya dalam waktu kurang dari lima menit. Dan sampai saat ini belum ditemukan obat penawar racunnya.

Ubur-ubur mematikan itu terkadang tidak terlihat dalam air karena tubuhnya yang berwarna transparan. Panjang tubuhnya beragam, dengan lebar antara 4-20 cm dan panjang 10 cm.



Meskipun tubuhnya transparan, tentakelnya memiliki warna ungu atau kebiruan dan akan terlihat saat dikeluarkan dari tubuhnya. Tentakelnya memiliki panjang lebih dari satu meter. Satu tentakel mengandung racun yang sangat tinggi. Tentakel ini digunakan untuk mencari makan dan melindungi dirinya dari serangan musuh.

Ubur-ubur jenis Chironex fleckeri banyak terdapat di pantai utara Australia, perairan Atlantic di pantai timur Amerika Serikat, dan laut Hindia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Silahkan Memasukkan TAHUN, BULAN dan TGL LAHIR Anda untuk mengetahui Zodiak Dan Shio Anda

Tahun
Bulan
Tanggal
Zodiak:
Shio:

This script by
WEB AGUNG